Tuesday 29 May 2012 | By: Wawah

Cara merawat baterai laptop atau notebook agar lebih awet

Saat ini laptop merupakan sebuah perangkat yang sudah menjamur. Bagi sebagian orang, tidak begitu memperhatikan kesehatan dari baterai laptop mereka. Tetapi ada pula yang sangat memperhatikan kesehatan baterai agar kondisinya tetap awet dan tahan lama. Nah, bagi anda yang menginginkan kondisi baterai laptop atau notebook anda tetap awet, maka anda harus pintar-pintar menggunakan dan merawat baterai laptop tersebut.
Dengan bisa merawat dan menjaga baterai laptop, maka anda juga akan lebih diringankan dalam hal perawatan laptop atau baterai. Coba bayangkan saja jika baterai laptop atau notebook anda mengalami kerusakan (misalnya drop), maka anda harus menyediakan biaya ekstra untuk memperbaiki baterai laptop tersebut, bahkan tidak menutup kemungkinan harus membeli baterai baru.
Berikut ini beberapa cara merawat dan menggunakan laptop atau notebook agar baterainya lebih awet dan tahan lama :
  1. Untuk pertama kali menggunakan, usahakan mengisi (charger) baterai sampai penuh, sekitar 3-4 jam.
  2. Jika anda akan meninggalkan dan tidak menggunakan laptop untuk jangka waktu lama lepaskan saja baterai laptop.
  3. Usahakan mematikan laptop ketika sedang melakukan recharger laptop
  4. Setelah proses charger penuh, dengan ditandai indikator charger mati, maka sebaiknya mencabut kabel charger dari stop kontak
  5. Jangan menggunakan komputer pada saat baterai sedang di charger
  6. Gunakan charger bawaan dari laptop, kalo terpaksa menggunakan charger lain, pastikan tegangan dan daya yang digunakan sama dengan yang aslinya.
  7. Setting tampilan monitor agar tampilannya lebih redup, tetapi masih enak di mata, agar penggunaan baterai lebih awet.
  8. Buka aplikasi seperlunya, agar penggunaan daya juga awet. Jika terlalu banyak aplikasi, maka penggunaan daya juga akan semakin banyak.
  9. Jika sudah tidak digunakan, segera matikan laptop
  10. Jika terpaksa akan menggunakan laptop anda dalam jangka waktu lama, dan ditempat bekerja tersedia sumber listrik, maka lebih baik lepas saja baterainya dan gunakan langsung adaptor untuk memasok tenaga listrik. Lebih bagus jika ditambahkan UPS.

0 comments:

Post a Comment