Tuesday 29 May 2012 | By: Wawah

10 Tips Membeli Kartu Grafik (VGA Card)

1. Jangan Tergiur Besarnya Memori
Membeli sebuah VGA card type Radeon X1300 dengan kemampuan memory sebesar 512Mb tidaklah sehebat kalau dibandingkan dengan Radeon type X1600 dengan memory 256Mb. Mengapa ?? Karena menentukan kekuatan VGA Card adalah sebagai fitur penunjang GPU. Dari beberapa testing VGA card, Memory 512Mb hanya mendongkrak 10% dr 256Mb

2. Graphics Processing Unit (GPU)
Saat ni pertarungan VGA sedang panas antara 2 vendor yaitu ATI Radeon dan NVIDIA DEFORCE. Masing” produk terbagi menjadi 3 katagori yaitu VGA low-end, mid end, high end. Sebagai perbandingan harga untuk VGA” jenis low-end bisa dibeli dgn harga di bawah 1 jt mid-end antara 1-2 jt, untuk high-end dr 2 jt s/d 8jt. Type High-End class jelas yg terbaik namun cukup tinggi dari segi harga, selain itu variannya jg banyak misal GT, GS, GTX, XT, dan yg tertinggi adalah XTX, yg membedakan varian tersebut bisanya dari level shader, clock speed dan jumlah pipeline yang dimiliki.

3. Clock Speed VS Pipeline
Tidak jamannya lg user melihat VGA hanya dr Clock ratenya. Yang harus user perhatikan jg ialah jumlah pipeline yg ada di dlm setiap kartu grafis. Manfaatnya melihat pipeline baru terasa kalau user beli VGA clas menengah & ke atas. Biasanya kartu grafis kelas menengah telah dibenamkan 8 sampai 12 pipelines. Buat yg kelas atas biasanya tertanam rata” 16 pipelines. Clock speed yg tinggi jelas jd nilai plus tp kalau gamer mau meluangkan waktu sebelum membeli & membandingkan antara clock speed & pipeline, user akan lebih beruntung. Remember this ”Lebih baik memiliki 8 pipeline dengan clock speed 400MHz, daripada 4 pipelines dengan clock speed 500MHz."

4. Vista & Direct3D 10
Vista dilengkapi DirectX 10, versi paling anyar Direct X. Direct X 10 tidak sendiri, karena rencananya bakal di susul dengan dirilisnya versi terbaru dr direct 3D. Nantinya fungsi DirectX 10 akan membagi kerja CPU dan GPU dimana beban kerja lebih berat diberikan pada GPU

5. Tunggu waktu yg tepat
NVidia & ATI jd seteru yg tidak akan pernah berhenti bersaing. Keuntungannya hampir setiap 12-18 bln 1x user akan menemukan kartu grafis dgn chip” terbaru. Setiap merilis produk, vendor kartu grafis akan menyertakan beragam feature baru seperti high definition video dan peningkatan clockspeed. Pastikan user benar” yakin dengan kartu grafis yg user beli. Jangan sampai user menyesal, karena uang yg dikeluarkan tidak sedikit. Jika tak terlalu mementingkan produk baru cari saja kartu grafik tipe lama dengan kerja maksimal. Biasanya harganya cukup miring, apalagi dibarengi dengan rilisnya VGA model baru, kartu grafis lama pasti turun harganya.

6. Tidak perlu sampai 5 juta
GeForce 7900 GT adalah kartu grafis kelas hight-end dengan harga < 3Jt. Kartu grafis paling baru yg bisa user cari ditoko harganya pasti di atas 5Jt. kalau gamer cari performance dgn harga 2-3Jt, user bsa mendapatkan kartu grafis berkualitas. Sayang uang 5Jt kalau cuma dipakai untuk VGA saja. User bisa bandingkan harga VGA tipe lama & baru. Jika memang selisih harganya tidak terlalu jauh pilih yg baru saja. Tapi jika terlampau jauh mengapa tidak pilih yg murah saja??

7. Perhatikan Power Supply
Power Supply adalah faktor paling penting dr perangkat komputer. Dulu memang Power Supply adalah pilihan no 3 ketika user beli PC. Tapi sekarang lain, karena ramainya hardware baru yg memerlukan daya besar. Untuk kartu grafis kelas low-end biasanya dibekali power supply 300-350watt. Tapi VGA clas mid & high minimal memerlukan 400-450 watt. VGA card tipe ATI Radeon Crossfire X1900XTX malah butuh power supply minimal 550 watt.

8. Pilih AGP atau PCI Express ??
PCI Express adalah pilihan yg terbaik. PCI telah menggantikan posisi AGP sebagai slot VGA yg telah cukup lama.

9. SLI dan Crossfire
Khusus yg punya budget lebih bisa dapatkan 1 VGA card dgn 4 GPU sekaligus dengan membeli GeForce 7950 GX2 kartu grafis dual card memang berat dari segi harga, tapi puas dari segi kualitas. Perhatikan Mother Board yg dimiliki agar sesuai.
Dengan kartu grafis dual card yg ingin dibeli pilihannya ada 2 yaitu SLI dari Nvidia atau Crossfire dr ATI. Kedua vendor kartu grafis itu biasanya telah menyertakan merk motherboard yang sesuai dgn kartu grafis yg mereka rilis. Kalau bingung liat saja dari spec motherboardnya biasanya ditulis support dengan CrossFire atau SLI atau tdak. Harganya variatif tergantung dari fitur yg ada pada motherboard tersebut

10. Budget pas-pasan dengan VGA onboard ??
Terbatasnya budget kadang tidak ada pilihan lain. VGA onboard yg punya kemampuan terbatas terpaksa jd plihan. Untuk mengerjakan aplikasi Word dan grafis sederhana memang cukup. Tapi main game kelas menengah atas jangan harap bisa nyaman. Intinya gamer harus beli VGA Add ON baru dgn spesifikasi baik.

2 comments:

Anonymous said...

nice :)

tempat wisata said...

terima kasih, infonya bermanfaat... saya sedang mencari referensi untuk beli kartu grafis

Post a Comment